ORANG BAIK TIDAK BISA DIJAHATIN

Lima kata ini pernah saya keluarkan ke karyawan-karyawan saya setelah merasa tertipu dengan satu customer yang pada tanggal 27 Oktober (Senin) berjanji akan kembali hari Rabu untuk membayar sisa uang yang katanya tidak cukup. Dia juga menenangkan saya dengan akan mentranfer karena dia merasa tidak enak juga. Saat itu mungkin saya sedang kerasukan malaikat nan polos dan baik sehingga saya setuju. Hari Rabunya dia tak kunjung datang. Saya memberi waktu dua hari sampai Jumat untuk meneleponnya. Tapi tidak ada yang menjawab panggilan.

Besoknya saya telepon sendiri dan diangkat oleh wanita yang mengaku istrinya. Dia bilang akan memberitahu orangnya soal penagihannya. Teman-teman langganan itu sudah ditanyakan sama karyawan dan mereka hanya bilang orang itu punya banyak utang. Saya sudah mengikhlaskan kerugian itu. Hari demi hari pun berlalu dan kemaren tepatnya 18 November, datanglah si langganan ini dan dia meminta maaf karena baru datang dengan alasan sakit. Apapun alasannya, I am grateful that apa yang saya saksikan ke para karyawan benar adanya. Orang baik tidak bisa dijahatin.

Tambahan lagi ada langganan lain yang pernah kehilangan barang menggunakan expedisi si A. Saya pikir dia marah karena saya hanya mau membantu kerugiannya sedikit aja (kesalahan tentu saja pada expedisi yang tidak mau ganti rugi). Namun beberapa hari yang lalu dia menghubungi saya dan memesan barang. Saya melayaninya dan dia menanyakan bagaimana cara kirim barangnya. Tentu saja expedisi A tidak akan dipakai lagi. Saya menawarkan expedisi B yang ada di tempat karena lebih dekat dan bisa mengantar ke daerah dia juga. Dia bilang yang mana saja yang penting aman dan bisa jadi langganan.

Namun hati kecil saya merasa ada yang tidak benar. Bagaimana kalau pilihan saya membuat barang hilang lagi? Sayalah yang akan bertanggungjawab atas itu. Akhirnya saya meminta langganan saya memberikan alamat expedisi lain dimana dia sering berlangganan yang ada di tempat lain sehingga saya harus membayar ongkos ojek. Dan hey, tepat kemaren pula saya diberi kabar untuk tidak menggunakan expedisi B karena sedang sering terjadi kehilangan barang.

Kebetulankah itu?

Be blessed!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s