MURID-MURID TUHAN (MARTIR)

Martir adalah orang yang mati demi Tuhan (disiksa demi Tuhan).

Sejak gereja mula-mula berdiri, pengikut Kristus rela mengorbankan diri. 10 dari 1000 orang telah mengorbankan diri mereka agar Injil tersebar dengan baik. Dengan begitu mereka memperoleh mahkota kehidupan.

cropped-header1

Para Rasul juga mengasihi Allah sampai kepada kesudahannya. Mereka rela mengiring Tuhan meski dianiaya.

  1. Yohanes dibuang ke pengasingan di pulau Patmos (ditulis di Wahyu) untuk bekerja rodi di tambang batu bara. Dia sempat dihukum mati dengan cara direndam dalam minyak mendidih. Namun Tuhan berkehendak lain dan masih ingin menggunakan pelayanan Yohanes, maka ia selamat dari hukuman matinya. Kemudian Yohanes dibebaskan dan menjadi Uskup di Edessa, Turki.
  2. Stefanus dirajam sampai mati oleh orang banyak (Kisah Para Rasul).
  3. Matius dipenggal kepalanya sampai mati di Persia.
  4. Markus, sang penulis Injil Markus, meninggal setelah tubuhnya diseret hidup-hidup dengan kuda di Alexandria, Mesir. Tubuhnya hancur tersayat-sayat batu-batuan tajam di jalan.
  5. Lukas, sang penulis Injil Lukas dan Kisah Para Rasul, dikatakan meninggal pada usia tua, tetapi mengalami banyak penyiksaan di penjara selama masa pelayanannya bersama Paulus dan Petrus.
  6. Petrus disalibkan terbalik dengan kepala menghadap ke bawah. Hal itu atas permintaannya, karena merasa tidak layak disalibkan seperti Yesus Kristus.
  7. Filipus disalibkan.
  8. Simon orang Zelot disalibkan.
  9. Bartolomeusyang dikenal sebagai Natanael meninggal di Armenia karena dihukum cambuk sampai semua kulitnya hancur dan terlepas. Ia merupakan murid yang menyebarkan ajaran Yesus Kristus di Asia.
  10. Thomas meninggal di India setelah badannya ditarik dan dipisahkan oleh lima ekor kuda.
  11. Rasul Yakobus dipenggal oleh raja Herodes. Walaupun disiksa, Yakobus tidak pernah menyangkal Yesus Kristus dan terus berusaha menjadi saksi Kristus. Salah satu yang mendengarkan kesaksian Yakobus adalah seorang Romawi yang turut menyiksa dia. Pada akhirnya orang Romawi tersebut mendampingi Yakobus pada saat ia menjalani hukum penggal dan orang Romawi tersebut turut dipenggal karena menjadi pengikut Kristus.
  12. Yakobus, saudara Yesus, dilempari sampai mati.
  13. Andreas juga meninggal dengan cara disalib seperti Petrus di Yunani. Sebelum meninggal, ia disiksa dengan cambuk dengan tergantung di salib. Seorang pengikut Andreas yang menyaksikan akhir hayatnya menceritakan perkataan Andreas sebelum meninggal dunia: “Ternyata keinginan dan cita-cita saya bisa terkabul, dimana saya bisa turut merasakan saat-saat disiksa dan disalib seperti Yesus”. Andreas terus mengucapkan kesaksiannya sampai saat meninggal dunia.
  14. Thomas meninggal karena dihujani tombak, sebelumnya dia sempat dilempar kedalam perapian, tetapi tidak meninggal. Thomas menemui ajalnya di India.
  15. Yakobus anak Alpheus, meninggal dengan cara dilemparkan dari bubungan Bait Allah, ditempat yang sama dimana setan mencobai Yesus Kristus. Yakobus merupakan pemimpin gereja di Jerusalem pada masa itu.
  16. Yudas diikat di sebuah tiang. Kemudian dipanah sampai mati.
  17. Matias, pengganti Yudas Iskariot, dipenggal kepalanya di Yerusalem.
  18. Paulus menajdi martir di bawah penguasa Nero.
  19. Yudas (bukan Yudas Iskariot), juga sering disebut sebagai Yudas Thaddeus, meninggal karena disalibkan. Yudas mengabarkan ajaran Kristus di Yudea, Samaria, Libya, Mesopotamia, Idumea, Beirut dan Edessa. Dia disalibkan bersama Simon orang Zealot di Beirut.

Be blessed!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s